Cara Kerja Ginjal, Bagaimana ?

Cara Kerja Ginjal, Bagaimana ?

 

 

Cara kerja ginjalCara Kerja ginjal pada tubuh manusia adalah tempatnya membersihkan darah dari berbagai zat hasil metabolisme tubuh dan racun yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh dalam bentuk air seni. Ginjal kita adalah organ berbentuk lonjong, masing-masing berukuran serupa dengan kepalan tangan.

Organ tersebut terletak dekat pertengahan punggung, pas di bawah kerangka tulang rusuk. Ginjal adalah mesin pendaurulang yang canggih. Sebagai salah satu organ yang vital dalam tubuh manusia, dengan cara kerja ginjal yang cukup berat, maka dari itu ginjal harus dirawat dengan sebaik mungkin.

Walau ukurannya kecil, organ ginjal ini tergolong organ yang sangat vital dalam tubuh manusia. Sehingga masyarakat awam menyebutnya juga dengan buah pinggang.

Bahan ampas dalam darah kita berasal dari penguraian jaringan aktif secara normal dan dari makanan yang kita konsumsi. Tubuh kita memakai makanan untuk tenaga dan memperbaiki diri. Setelah tubuh kita sudah mengambil apa yang dibutuhkan dari makanan, bahan ampas dikirim ke darah. Bila dalam cara kerja ginjal tidak dihilangkan, bahan ampas ini akan bertumpuk dalam darah dan merusak tubuh kita.

Air seni diproduksi ketika cara kerja ginjal yang terjadi terus – menerus dari menit ke menit, lalu dialirkan melalui saluran kemih ke kandung kemih. Bila cukup banyak urin yang ada di kandung kemih, akan timbul rangsangan buang air kecil. Air seni akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui saluran yang disebut uretra (berada dalam alat kelamin).

Jumlah air seni yang dikeluarkan setiap hari berkisar antara 1-2 liter. Dengan demikian fungsi ginjal lainnya adalah mempertahankan keseimbangan dan mengatur konsentrasi dan komposisi cairan tubuh. Fungsi ginjal selanjutnya adalah mempertahankan volume dan tekanan darah, mengatur keadaan kalsium pada tulang, mengatur produksi sel darah merah, dan juga menghasilkan hormon seperti erythropoietin atau EPO, reni dan vitamin D aktif.

Cara Kerja Ginjal, Bagaimana ?

Cara Kerja Ginjal, Bagaimana ?

Bagaimana cara kerja ginjal pada manusia? Berikut ini adalah cara kerja ginjal pada manusia :

Cara kerja ginjal manusia diawali oleh proses dimana darah yang akan disaring dialirkan ke dalam ginjal melalui arteri ginjal (arteri renalis). Di dalam arteri ginjal juga terdapat air dan beberapa larutan yang akan disaring. Sebagian larutan yang tidak terfiltrasi akan keluar kembali ke sistem sirkulasi melalui vena terjadi proses filtrasi (penyaringan). Darah kemudian masuk ke kapiler glomerulus. Di dalam glomerulus, air dan zat terlarut disaring sehingga menghasilkan filtrat glomeruli (urin primer), selanjutnya urin primer masuk ke kapsula Bowman.

Filtrat plasma darah tidak mengandung sel darah ataupun molekul protein yang besar. Protein dalam bentuk molekul kecil dapat ditemukan dalam filtrat ini. Darah manusia melewati ginjal sebanyak 350 kali setiap hari dengan laju 1,2 liter per menit, menghasilkan 125 cc filtrat glomerular per menitnya. Cara kerja ginjal selanjutnya adalah mengatur Laju penyaringan glomerular yang digunakan untuk tes diagnosa fungsi ginjal.

Di dalam filtrat glomeruli masih terdapat zat yang dapat digunakan oleh tubuh, misalnya glukosa, garam, asam amino, dan air, kemudian berturut-turut akan melalui tubulus proksimal (pada bagian korteks), lengkung Henle (pada bagian medula) sampai pada tubulus distal. Cara kerja ginjal selanjutnya yaitu melakukan proses reabsorbsi (penyerapan kembali) zat-zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh manusia tersebut saat melewati ketiga bagian tersebut.

Cairan reabsorbsi itu akan mengalami penambahan/sekresi zat-zat dari pembuluh darah kapiler di sekitar tubulus distal. Zat-zat tersebut antara lain ion hidrogen (H+) ion klorida (Cl-) racun, dan sisa obat-obatan yang tidak berguna. Cara kerja ginjal ini disebut sebagai augmentasi. Selanjutnya urin mengalir ke dalam pembuluh-pembuluh halus saluran pengumpul yang terdapat dalam sumsum ginjal. Saluran tersebut bermuara pada rongga ginjal. Urine yang terkumpul dalam rongga ginjal mengalir melalui ureter menuju ke kantung kemih. Apabila kantung kemih telah penuh, akan terasa adanya desakan untuk mengeluarkan urin, Selanjutnya urine mengalir keluar tubuh melalui uretra (saluran kencing).

Dalam keadaan normal, urine manusia mengandung;

1. air

2. urea

3. amonia yang merupakan sisa-sisa perombakan protein

4. garam mineral

5. zat warna emperdu yang memberi warna kuning pada urin

6. zat yang berlebihan dalam darah, seperti vitamin, obat – obatan, dan hormon.

Demikian artikel mengenai cara kerja ginjal. Semoga dapat bermanfaat untuk anda…

Cara Kerja Ginjal, Bagaimana ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>