Anatomi Ginjal

Anatomi Ginjal

 

Anatomi GinjalAnatomi ginjal merupakan salah satu bidang ilmu yang harus anda mengerti. Ginjal, seperti yang kita ketahui merupakan sepasang organ yang ditemukan di sepanjang dinding otot posterior rongga perut. Ginjal kiri terletak sedikit lebih unggul dari ginjal kanan karena ukuran yang lebih besar dari hati di sisi kanan tubuh.

Berbeda dengan organ perut lainnya, ginjal terletak di belakang peritoneum yang melapisi rongga perut dan dengan demikian dianggap sebagai organ retroperitoneal. Tulang rusuk dan otot-otot punggung melindungi ginjal dari kerusakan eksternal. Jaringan adiposa dikenal sebagai lemak perirenal mengelilingi ginjal dan bertindak sebagai pelindung.

Anatomi Ginjal

Anatomi Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ penting yang kadang kesehatannya disepelekan oleh sebagian besar masyarakat. Konsekuensi dari hal ini, pada masa mendatang kita akan dihadapkan oleh sebuah kondisi yang memungkinkan ginjal mengalami gangguan; akibat gaya hidup yang buruk.

Memahami akibat-akibat kesehatan sangat diperlukan saat ini agar kesehatan ginjal bisa dijaga. Menurut data statistika kesehatan WHO, terdapat 66.000 kasus transplantasi ginjal pada 2005 di seluruh dunia. Di tahun yang sama, 21.000 liver dan 6000 jantung ditransplantasi. Ini berarti transplanstasi ginjal sebesar tiga kali transplantasi liver.

Dalam kasus diet yang terlalu berat dan gaya hidup yang buruk, kesehatan ginjal sering kali terabaikan. Jika ini tidak segera dicari cara bagaimana menanganinya, dipastikan ginjal akan rusak dan mengganggu keseluruhan metabolisme tubuh.

Ginjal merupakan organ pada tubuh manusia yang menjalankan banyak fungsi untuk homeostasis, yang terutama adalah sebagai organ ekskresi dan pengatur kesetimbangan cairan dan asam basa dalam tubuh. Terdapat sepasang ginjal pada manusia, masing-masing di sisi kiri dan kanan (lateral) tulang vertebra dan terletak retroperitoneal (di belakang peritoneum).

Selain itu sepasang ginjal tersebut dilengkapi juga dengan sepasang ureter, sebuah vesika urinaria (buli-buli/kandung kemih) dan uretra yang membawa urine ke lingkungan luar tubuh.

Struktur Anatomi ginjal

Anatomi ginjal pertama yang akan dibahas adalah bagian luar ginjal tersebut. Pertama, warna ginjal adalah merah tua serta organ ini terdiri dari dua sisi utama yaitu sisi convex dan sisi concave. Masing-masing sisi ginjal disambungkan oleh membrane yang transparan serta disebut dengan renal capsule. Ini merupakan membrane yang membantu proteksi kedua ginjal tersebut dari infeksi serta trauma.

Secara umum, ginjal terbagi atas dua area besar, yaitu :

  • Area berwarna cerah di bagian luar, renal cortex
  • Area berwarna pekat di bagian dalam, renal medulla

Anatomi ginjal mempunyai struktur tersendiri mulai dari dasar hingga keluar. Struktur yang paling dasar dinamakan sebagai nephrons. Setiap ginjal tentu saja mempunyai struktur ini serta jumlahnya bahkan mencapai satu juta struktur.

Ini berfungsi untuk menyaring darah dan membuang limbah buangan. Pembuluh darah arteri menyalurkan darah ke ginjal setiap hari, 180 liter atau 50 galon. Ketika darah memasuki ginjal, maka ia akan disaring dan dikembalikan ke jantung melalui pembuluh darah vena.

Proses penyaringan dan pembuangan limbah dari cairan tubuh disebut ekskresi. Tubuh mempunyai empat sistem organ yang bertanggungjawab terhadap proses ekskresi ini. Sistem urinisasi adalah salah satu sistem Anatomi ginjal dalam ekskresi. Ia bertugas membuah limbah, racun, hormon, garam, besi hidrogen, dan air yang tidak diperlukan lagi di dalam tubuh.

Itulah struktur anatomi ginjal secara umum yang harus anda ketahui.

Terimakasih telah membaca artikel mengenai anatomi ginjal. Semoga artikel anatomi ginjal diatas dapat bermanfaat untuk anda..

Anatomi Ginjal, Bagaimana ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>